Bermula dari obrolan dengan seorang teman yang mengatakan bahwa dia adalah penggemar kopi. Kopi memang digemari oleh banyak orang, selain rasanya yang khas juga karena kopi bisa dicampur dengan bahan lain seperti susu, creamer, mocca dll. Kopi bisa menjadi friendly, akan tetapi kopi juga bisa menjadi poison.

Hampir dalam setiap “ kongkow-kongkow “, baik itu dengan teman kerja ataupun dengan teman-teman ngobrol kopi akan hadir menambah semarak dan filter dari kebosanan yang mungkin terjadi. Banyak artikel yang mngulas tentangk kopi ataupun kiat-kiat agar kopi tidak menjadi suatu ancaman bagi kesehatan. Hal yang bisa disimpulkan dari artikel-artikel tersebut adalah kopi mengandung kafein. Kafein mampunyai beberapa dampak, baik itu negatif maupun positif. Dalam ilmu kesehatan bahwa kafein adalah senyawa kimia yang bekerja sebagai stimulan kerja syaraf pusat dan otot jantung yang dalam dosis aman sangat bermanfaat, diantaranya Kafein meningkatkan kinerja dan hasil kerja otot, merangsang pusat pernapasan, meningkatkan kecepatan dan kedalaman napas. Sedangkan untuk dampak negatifnya kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan seperti insomnia, gelisah, pernafasan meningkat dan ketagihan. Orang yang biasa minum kopi akan menderita sakit kepala pada pagi hari, atau setelah kira-kira 12-16 jam dari waktu mengkonsumsi kopi terakhir. untuk itulah tidak heran jika ada seorang penikmat kopi yang mengatakan akan meras pusing dan tidak tenang jika tidak minum kopi dalam sehari.

Tidak ada ukuran pasti berapa ukuran kopi tetap aman untuk dikonsumsi, akan tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa takaran yang sehat minum kopi adalah 300 mg kafein ( sekitar 1 - 2 cangkir ). Untuk itu anda sendirilah yang menentukan coffee my brunch or coffee my prussic