Ini adalah blog baru saya, cukup membantu untuk saya memulai belajar menulis. Ada banyak hal yang bisa kita tulis, begitulah kira2 yang telah dikatakan oleh beberapa senior di asosiasi tempat saya berbagi. Apa yang menjadi kesulitan saya dalam menulis adalah tentang konseptual serta pemilihan bahasa yang sering kali bercampur dengan bahasa sehari-hari. Selama ini yang saya pikirkan bahwa menulis harus terdapat unsur pendahuluan, isi dan kesimpulan, tetapi kemudian senior mengatakan bahwa jika diulas secara konseptual sebenarnya ada 2 teknik yang biasa digunakan dalam menulis oleh seorang penulis berita, yaitu teknik piramida dan teknik piramida terbalik. Sedikit gambaran terlintas dalam pikiran saya tentang teori tersebut, karena pernah saya dengar ketika kuliah. Senior lain menambahi bahwa menulis tidaklah harus secara konseptual, tetapi menulis adalah berusaha menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan seperti halnya berbicara.

Kesulitan lain adalah ketika kita mengawali untuk menulis, lagi-lagi senior di asosiasi punya jawaban dari kesulitan-ksesulitan yang saya alami "menulislah seperti kamu akan menyampaikan sesuatu kepada seseorang, awal dari menulis sebenarnya telah terjawab di 5W 1H" begitulah kira-kira jawaban dari kesulitan saya. Kesulitan terbesar dari menulis bagi saya adalah open mind untuk menulis, memikirkan apa yang akan saya tulis, walaupun sebenarnya saya suka menulis.

Begitulah, apa yang ingin kita lakukan harus dimulai dengan membuka diri dan pikiran kita untuk memulai sesuatu, segala sesuatu berawal dari kemauan kita untuk belajar dan memulai sesuatu. Pernah saya membaca pendapat ibu kita Kartini yang mengatakan " Pemberani menguasai 3/4 dunia ". Keyakinanlah yang mungkin saya miliki untuk mulai menulis, tanpa peduli apakah tulisan saya bagus, apakah tulisan saya layak untuk dibaca., untuk saya hanya kepuasan yang telah saya peroleh.

stoical's