.............................10 Desember 2008.........................................

Awal langkahku menapaki jalan yang aku bilang bukan hanya jalanku sendiri, ini tentang hidup yang harus dijalani dan membutuhkan seseorang untuk sedikit menyempurnakan apa yang kurang dalam diriku, seseorang untuk menemani dan saling mengisi dikemudian hari, seseorang yang dengan sangat yakin dan percaya akan menjadi sandaran dan tempat aku pulang ketika aku merasa tersesat. Seseorang yang tidak akan melihat satu sisi dariku, tapi ada berbagai sisi yang menjadi kelebihan dan kekuranganku. Dia telah kuyakini kenyataannya dan ketulusannya di dunia untuk kulengkapi tulang rusuknya. Dia yang tidak peduli seberapa cantik, jelek, pintar, bodoh, kaya, miskin, baik, atau buruknya aku.

Acaranya sederhana, hanya pertemuan keluarga, sempat ada beberapa kendala yang Alhamdulillah tidak menyebabkan gagalnya acara, walaupun secara waktu tidak sesuai dengan yang dijadwalkan. Ada sedikit perbedaan adat, keluarga Nongkojajar tidak mengenal istilah "Jawab pertunangan" dari pihak mempelai wanita, jadi hanya keluarga laki-laki yang notabene juga harus dijawab pada saat itu juga. Sempat terlihat saling memandang keheranan diantara budhe-budhe keluarga Nongkojajar ketika Pak Dhe mulai menjelaskan apa yang harus dilakukan setelah acara pertunangan.

Perasaanku hanya merasa senang dan surprise, tak menyangka acaranya akan berjalan seformal ini karena yang aku tahu acara seperti ini lebih kepada perkenalan dua keluarga, tapi karena melibatkan Pakdhe2 dan Budhe2 acara jadi terasa begitu sakral. Satu hal yang membuat aku menjadi merasa terharu adalah, dia ada sesuai dengan keinginanku, bahwa setiap langkah sebisa mungkin harus sama2 kita lalui berdua. Seperti halnya 7 tahun kita sama2, mulai dari awal kuliah, ketika aku lulus kuliah dan dua tahun kemudian giliran dia, hingga ketika pertama kali wawancara kerja dan gagal kemudian kerja di tempat yang berbeda dan dipisahkan jarak ribuan kilometer.

Satu langkah yang telah membuat segalanya berbeda walaupun tidak ada yang berubah , entah apa tapi sekarang aku menjadi semakin yakin bahwa Allah akan mempermudah segala niat baik umat-Nya....